J one s'ka
belajar untuk berkarya, jadikan inspirasi mu sebagai modal menggapai masa depan

Salam Redaksi

Hiroshima dan Nagasaki

Category : ,
Sejarah

Hiroshima dan Nagasaki

Tanggal 6 dan 9 Agustus 1945. kota Hiroshima dan Nagasaki dijatuhi bom atom oleh pesawat – pesawat Amerika, karena Jepang tidak mau menerima syarat – syarata penyerahan diri yang di berikan oleh pihak Amerika yang disebut Deklarasi Postdam.

Hirishima

Hiroshima adalah target utama misi pemboman nuklir o\pertama du dunia oleh Amerika. Tiga pesawat Amerika bertipe B-29, Enola Gay, The Great Artiste dan Necessary Evil yang menjatuhkan bom gravitasi Little Boy urania-235 yang memeliki bobot 60 kgpada pukul 08.15. bom i9ni menghanguskan ara seluas 11,4 km per segi dan sembilan puluh persen bangunan di Hiroshima rusak parah bahkan rata dengan bumi. Menurut perkiraan, korban tewas sesaat setelah bom atom dijatuhkan mencapai 70.000 jiwa, dan bila ditambahkan dengan jumlah orang yang meninggal dunia samapi akhir tahun 1945, dikarenakan luka bakar, radiasi ataupun penyakit yang berhubungan dengan peristiwa itu mencapai 90.000-140.000 jiwa. Sampai tahun 1950, jmlah korban terus bertambah, menjadi 200.000 jiwa.

Nagasaki

Target selanjutnya adalah Nagasaki. Tanggal 9 Agustus 1945 pagi pesawat B-29 Bockscar milik Amerika yang dipiloti Mayor Charles W. Sweeney (sebelumnya ia yang menjatuhkan bom di Hiroshima ) membwa bom nuklir yang diberikan nama Fat Man dengan beret 6,4 kg berisi plutonium 239. karena sebagian besar bangunan di Nagasaki terbuat dari kiayu, bencanaq ledakan tersebut juga diikuti dengan kebakaran hebat yang melanda utara Nagasaki sejauh 3,2 dari pusat ledakan. Korban tewas 75.000 jiwa, dan terus bertambah sampai kahir 1950. ironisnya, ternyata ada sejumlah pengungsi yang harus mengalami peristiwa itu dua kali

Setelah kejadian itu, pihak Amerika bermaksud untuk kembali menjatuhkan bom untuk yang ketiga kalinya sekitar tanggal 17-18 Agustus. Namun Jepang kahgirnya menyerah tanpa syarat yang diumumkan sendiri oleh Kaisar Hirohito pada tanggal 14 Agustus. Pernyataan tersebut mengakhiri Perang Pasifik dan juga Perang Dunia II. Karena melihat penderitaan rakyatnya, Jepang kemudian menjadi negara yang paling menentang penggunaan nuklkir sebagai senjata di seluruuh bumi.

0 komentar:

Kegiatan SMAKARA


Komonitas J1ska

Uneg - Uneg

.