J one s'ka
belajar untuk berkarya, jadikan inspirasi mu sebagai modal menggapai masa depan

Salam Redaksi

Apa yang di maksud WWW, Website, PHP, JavaScript, CSS??

1. WWW adalah akronim dari World Wide Web (seringkali disingkat sebagai web) yakni jaringan yang menghubungkan berbagai dokumen dalam format hypertext. Kalau masih bingung, sederhananya seperti ini. Halaman yang anda lihat sekarang ini juga bisa dilihat oleh berbagai orang di berbagai belahan dunia. Nah, sistem jaringan yang memungkinkan hal itu terjadi disebut www.

2. Website = Halaman Webnya. Jadi kalau tadi jaringannya, website itu dokumen yang dihubungkannya.

3. Bahasa Pemrograman Web
Ini judul besarnya.
Sub judulnya kita bagi dua ya :

  1. Bahasa Pemrograman web yang dapat berjalan di web browser client (artinya web browser anda sudah bisa [Mozila, Internet Explorer, Opera dll) menjalankan/mengeksekusi program tanpa harus ada tambahan lainnya). Yang termasuk dalam bahasa ini diantaranya adalah : JavaScript. JavaScript ini powerful, dia bisa mempercantik tampilan web dengan berbagai macam hal, semisal, dropdown menu (menu yang ketika mouse lewat diatasnya langsung muncul ke bawah), tulisan yang berjalan, dll.
  2. Bahasa Pemrograman web yang baru bisa diekseksi jika ada server yang mendukungnya (Bahasa kerennya : Server Side). Sederhananya untuk bisa menjalankan program ini, anda harus menempatkan file program di server yang mendukung untuk itu. Contoh bahasa dalam kategori ini adalah : ASP dan PHP. Yang terakhir (PHP) lebih terkenal karena bersifat Open Source.
  3. Lantas apa itu CSS ?
  4. CSS adalah Cascade Style Sheet. Sederhananya begini. Jika anda membuat sebuah halaman dengan tampilan tertentu mungkin tidak akan terlalu repot. Tapi bayangkan jika anda ingin membuat banyak halaman dengan gaya yang sama, tapi isi yang berbeda. Tentu merepotkan jika harus membuat hal yang sama berulang-ulang. Nah, karenanya, program kemudian bisa dirancang menjadi kelompok-kelompok terpisah, salah satunya file CSS yang memungkinkan format yang sama dipakai berulang-ulang di file yang terpisah.
  5. MySQL dan CRM ?
  6. Nah, PHP ini salah satu fungsinya adalah menyederhanakan tugas perancang website. Bayangkan jika ada website yang materinya harus diganti setiap jam karena beritanya harus up to date (semisal website kantor berita). Nah, PHP bisa melakukan ini dengan mengambil data yang tersimpan di database. Salah satu sistem database yang terkenal dan bersifat open souce namanya adalah MySQL. Selain MySQL ada juga yang lain semisal Oracle, tetapi lebih rumit dan tentunya lebih mahal.
  7. Saya tidak terlalu jelas apa yang anda maksud dengan CRM. Mungkin yang anda maksud adalah Customer Relation Management.
  8. Keberadaan PHP-MySQL memungkinkan sebuah website bersifat dinamis. Artinya bisa melangsungkan komunikasi dua arah. Seperti yang anda lihat di blog, wikipedia dimana orang atau konsumen bisa langsung memberikan saran atau keluhan mereka.
  9. Nah, CRM itu adalah salah satu perangkat lunak yang memungkinkan perusahaan melakukan komunikasi dengan customer mereka. Perangkat lunak ini secara sederhana bisa dibangun dengan menggunakan bahasa PHP dan dukungan database MySQL

0 komentar:

Kegiatan SMAKARA


Komonitas J1ska

Uneg - Uneg

.